Pahami Dulu Gimbal Stabilizer Sebelum Membelinya

Gimbal Stabilizer

Bagi teman-teman yang suka bikin videolog atau biasa disebut nge-vlog, pasti memerlukan alat yang satu ini. Dimana fungsi utamanya yaitu untuk menstabilkan posisi kamera atau smartphone agar tidak goyang ketika digerakan ke berbagai arah ketika melakukan vlog.

Gimbal atau stabilizer adalah sebuah alat yang berguna untuk membuat kamera menjadi stabil atau tidak bergoyang. Agar bisa mendapatkan hasil rekaman video yang sempurna, setiap jenis shot membutuhkan stabilizer yang berbeda tergantung situasi dan kondisinya masing-masing.

Sebelum membeli gimbal stabilizer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilikinya. Lalu, apa saja sih yang harus diperhatikan dahulu sebelum memutuskan untuk membeli gimbal stabilizer? Daripada makin bingung, simak ulasan berikut ini yuk!

Apa itu Gimbal Stabilizer?

Sebelum memutuskan untuk membeli gimbal, sebaiknya pahami dulu apa itu gimbal stabilizer. Gimbal atau stabilizer berfungsi untuk membuat video menjadi lebih stabil atau tidak goyang saat direkam.

Sebenarnya gimbal memiliki fungsi seperti monopod. Tetapi gimbal stabilizer memiliki fungsi yang lebih baik dibandingkan dengan monopod, karena memiliki bahan dan komponen yang lebih bagus untuk menghasilkan fungsi yang maksimal.

Gimbal ini sendiri dibuat khusus untuk handheld, sehingga bisa digunakan untuk kamera ataupun ponsel smartphone. Dengan adanya gimbal, para vlogger atau Anda yang menyukai dunia videografi akan merasa nyaman saat merekam video dengan waktu yang lama sekalipun. Mau menggunakan kamera atau ponsel bebas, terserah selera Anda.

Pahami Tipe-tipe Gimbal

Gimbal memiliki 2 tipe dengan 2 fungsi masing-masing yang berbeda. Tipe yang pertama yaitu mekanik dan untuk yang kedua adalah tipe elektrik. Tipe dari suatu gimbal merupakan faktor penentu hasil video nantinya, karena pengaturan kamera pada gimbal merupakan bagian yang sulit sehingga tipe gimbalnya lah yang menentukan hasilnya.

Gimbal Mekanik

Gimbal tipe mekanik adalah gimbal yang digunakan untuk pengambilan gambar dengan pergerakan mulus dan detail. Pada gimbal tipe ini, Anda harus mengatur segalanya secara manual menyesuaikan pemberat berdasarkan kamera atau ponsel yang digunakan.

Gimbal mekanik ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengaturnya. Namun ada beberapa pilihan gimbal mekanik yang dapat mengambil gambar dari sudut rendah yang menghasilkan gambar yang semakin beragam.

Dari segi harga, gimbal tipe mekanik memiliki harga yang lebih murah dibanding elektrik.

Gimbal Elektrik

Gimbal stabilizer tipe elektrik sudah dilengkapi dengan mesin yang secara otomatis menyesuaikan posisi kamera agar tetap stabil dan terkontrol. Tentu dengan adanya motor yang mengatur kestabilannya membuat pengoperasian gimbal jenis ini lebih mudah dibandingkan dengan gimbal mekanik dan menghasilkan gambar yang lebih stabil.

Gimbal stabilizer tipe elektrik ini dianjurkan untuk Anda yang sudah cukup ahli dalam menggunakan gimbal dan sangat disarankan untuk Anda yang ingin membuat video seperti film.

Cek Kestabilan Gerakan Gimbal

Agar mendapat hasil rekaman video yang maksimal, Anda harus mencoba berulang kali kestabilan gimbal yang digunakan. Anda harus mengecek bahwa gimbal berfungsi dengan baik agar video yang direkam tidak nge-blur. Anda harus mencoba untuk menggerakannya ke segala arah untuk mengetahui kestabilan dari gimbal tersebut sempurna atau tidak.

Jika Anda mencari gimbal stabilizer yang berkualitas dengan harga terjangkau, banyak orang yang merekomendasikan zhiyun crane m2 sebagai pilihan gimbal untuk merekam video agar menghasilkan karya yang baik dan berkualitas.

Nah, itulah beberapa referensi yang bisa Anda pahami dahulu sebelum membeli Gimbal Stabilizer untuk kegiatan videografi Anda. Semoga bermanfaat.